SEMBILAN TIPE PENGGUNA INTERNET DI KANTOR

Kita bekerja hampir computerized semua termasuk juga di kantor saya. Tempat kerja saya khan universitas. Maka, Universitas telah menggunakan sistem informasi tertentu dalam proses bisnis.
Maklum, Universitas harus canggih dan terdepan dalam teknologi. Kalau bahasa karyawan adalah manajemen “klak-klik”. Saya khan karyawan administrasi so ambil yang simple aja. Kita hanya urusan input data. Urusan manajemen dan analisa database. Kita menyerahkan ke pihak yang berwenang.
Filosofi karyawan adalah kerja yang diperintahkan. Kita kerjakan sambil nge-blog.  But, jangan lupa kerja. Tugas harus diselesaikan. Hahahaha……!!!!
Saya kerja di kantor keuangan Universitas. Asumsi, Kantor Keuangan mengurus “darah” Universitas maka harus diberi yang terbaik. “Terbaik” adalah fasilitas yang terbaik yaitu komputer, bandwith, Ruang Kerja yang nyaman, AC dsb.
Karena tugas utama adalah input data, Saya menyelesaikan relatif cepat. So, banyak waktu kosong. Karena iseng menulis di blog. Waktu luang untuk nge-blog. Akibatnya, lebih sering nge-blog daripada kerja kantor.
Lha, kegiatan ini juga bagus untuk peningkatan kualitas karyawan. Kalau kualitas saya meningkat maka Universitas juga untung ( ngeles nih….!!!! hehehehehe…!!!!). Orang kantor mesti sering buka internet. Apalagi yang pegang komputer. Kerja disambi ngenet.
Tujuan ber-internet macam-macam. Ada yang cuma ngeksis, nyari lowongan kerja, nggosip atau sekedar mau download lagu. Ibu- ibu nyari resep dsb. paling tidak menurut saya,ada beberapa tipe karyawan yang browsing internet, yaitu :

1. Agamis

Karyawan tipe ini hobi membuka situs keagamaan. Situs untuk memperdalam agama, kalimat motivasi atau penggalan ayat. Situs favorit mereka misal : hidayatulloh, republika, dsb

2. Ngeksis

Kalau yang tipe ini lebih suka pegang smartphone. Bisa laporan pandangan mata. Mereka suka manfaatkan jaringan wifi. Hobi mereka adalah melapokan segala sesuatu yang terjadi didirinya. Mulai bangun tidur, makan pagi, mau nge-pup, mau pipis, hati galau, hati senang, ribut dengan pasangan dsb.

3. Suka Gosip

Gosip adalah makanan kedua mereka. contoh : Pernikahan Raffi Ahmad.  Jelas tidak diundang tetapi selalu update. Jelas tidak kenal namun merasa dekat. Ini berlaku untuk artis, olahragawan atau politikus. Semua yang dikenal dengan sebutan Public Figure.

4. Fashionista

Mereka adalah orang yang ingin selalu update dalam berbusana. Kalau yang garis keras akan selalu membeli orisinal tetapi yang kantong cekak nyari “kw”. Beli kain, contek model dan ke penjahit. Hehehehe

3. Gamer

Game online adalah sebuah permainan yang menyenangkan. Gamer adalah penghobi yang bukan untuk main-main.. Orang yang hobi nge-game pada awalnya untuk refreshing. Kalau keterusan bisa jadi addicted.  Ada yang suka sampai jadi pekerjaan yaitu game tester dan jual beli game.
Rekan saya di kantor cukup kreatif. Dia ikut game online ( warcraft) via facebook. Dia lakukan di sela-sela jam kerja. Dia cukup pintar mengatur emosi nge-game dan kerja. Hasilnya, Dia bisa kerja namun juga masih nge-game. Nikmat Bro….!!!!!

4. Pengamat Politik

Wah, ini yang baru hangat-hangatnya. Teman kerja yang duduk di sebelah saya termasuk golongan ini. Khususnya, waktu musim pilpres. Semua media dibuka untuk mencari berita politik. Ternyata mengobrol tentang politik itu ada yang jadi hobi. Maka nyari info lewat internet

5. Football Holic

Sepakbola adalah sesuatu yang universal. Hampir semua orang suka sepakbola. Mereka pria, wanita, tua, muda, anak-anak, kaya dan miskin dsb. Mereka yang penggemar fanatik akan selalu mengikuti update terbaru
Mereka lewat internet bisa mencari info perkembangan grup kesayangan, jual beli merchandise bahkan komunitas. Tak jarang, mereka “kopdar” di kafe, mall dsb.

6. Bisnis

Karyawan yang mempunyai usaha sampingan misal : jual beli tanah, mobil atau distributor produk kecantikan. Mereka jual melalui website, tokobagus atau berniaga.

Kadang, pendapatan dari bisnis lebih besar dari gaji di kantor padahal mereka menggunakan internet kantor. Mereka juga tidak melalaikan tugas kantor.

7. Penulis

Internet yang ada di kantor dimanfaatkan buat nge-blog aja. Untuk nyari sumber inspirasi. Pemanfaatan juga untuk menjalin silaturahim dengan blogger lain di luar sana.

8. Cooking

Kalau tipe yang satu selalu mencari resep baru. Mereka mencari teknik baru untuk memasak yang enak dan unik. Situs yang mereka buka yaitu just try and taste, detikfood dan komunitas memasak di dunia maya.
Orang yang suka cooking  sekaligus blogger. Mereka juga sering menghasilkan buku resep dan buku teknik memasak.

9. Parenting

Perkembangan dunia menyebabkan pola asuh anak menjadi concern tersendiri. Mereka yang peduli pengasuhan anak akan mencari sumber yang layak terpercaya.
Ibu Elly Risman yang sering jadi rujukan dunia pengasuhan anak atau dunia parenting. Ini hal baru yang dahulu tidak terdokumentasi menjadi menjadi ilmu tersendiri.

Memang internet mengubah wajah dunia. Sewaktu internet era awal 2000-an masih terbatas. Saya hanya tahu Yahoo saja. Satu dekade kemudian, Seluruh dunia tidak bisa lepas dari internet. Itu menurut saya lho. Hehehehe….!!!!!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s