Sik……ASIX…!!!!! Sik……ASIX….!!!

Alhamdulillah, anak saya sudah 2,5 tahun. Ifa adalah nama panggilannya. Ifa sudah lulus “S3” ASIX (ASI Eksklusif) dan “bermain” di Playgroup Sekolah Alam. Ifa senang berada di playgrup. Dia tidak merasa belajar di sekolah. Dia merasa sedang “bermain” di sekolah.
Anak adalah anugerah yang paling indah. Kami merasa bahagia. Kami selalu ingin memperhatikan segala sesuatu yang terjadi atas dirinya. Ifa lahir dengan bobot 3700 gram dan panjang 52 cm. Kelahiran melalui proses operasi caesar. ( bener nggak sih nulisnya, hehehehe)
Tindakan caesar selesai maka sang bayi diantarkan ke ruang bayi. Sebelumnya, saya akan dipanggil untuk melihat pertama kali. Saya yang melihat pertama kali. Mamanya masih tergolek lemas di ruang operasi.
Saya melihat rambutnya hitam legam dan lebat, Suara Tangis yang lantang membuat bahagia. Karena pertanda lahir dengan sehat. Ifa adalah cucu pertama buat ibu saya. Rasanya bahagia deh.
Kami adalah pasangan muda. Pengalaman kami mengasuh anak belum ada. So, Saya dan istri sering mencari referensi pengasuhan balita dan anak melalui orang tua, buku dan internet. Akhirnya, Istri memutuskan untuk memberi ASI Eksklusif atau ASIX di enam bulan pertama.
Maklum, Istri adalah penganut madzhab “anti susu kaleng”. Menurut saya, ini adalah sebuah pilihan. Anda memilih ngasih ASI doang. It’s OK. But, Anda memilih Susu Kaleng, No Probs. Ada juga yang mengkombinasi ASI dan Susu Kaleng, It’s Nice. Cuman, ASI itu alami langsung dari ibu dan Susu Kaleng dari Hewan Sapi. Itu saya                renungi.
Enam bulan berlalu. Ifa hanya minum ASI masih baik-baik saja. Para eyang hanya manut saja. Padahal, hati mereka mungkin khawatir so kita nggak tahu juga. hehehehehe…!!!! Pokoke nekad. Khan pendekar ASI. hahahahaha….!!!! Hidup ASI Eksklusif. hehehehehehehehe…!!!
Enam bulan terlampaui. Istri menyebut si Ifa lulus S1 ASI Eksklusif. Pikir saya, Ifa nggak punya pilihan. hebat pula istilahnya. hehehe…!!!! ini khan cuman istilah kalau anak melewati enam bulan ASI doang tanpa tambahan apapun berupa susu sapi, biskuit, nasi bahkan air putih juga nggak ( Apa nggak eneg ya?? Khan cuman minum susu #garukgarukkepala).
Hasilnya? Ruaaar biasa…..!!!!  Ifa nggak pernah ke Dokter. Kalau panas sedikit itu biasa. Cuman dikasih ASI maka suhu badan menurun. Badannya sehat, Anaknya lincah dan nggak mudah terserang penyakit.
Badannya nggak terlalu besar namun padat berisi. Satu hal yang menonjol yaitu “daya tahan tubuh” si Ifa tangguh menurut saya. Berdasarkan keterangan diatas tadi.
Enam Bulan Pertama maka terasa sangat irit buat kami. Hehehehe…!!!!! Saya tidak menyisihkan uang untuk beli susu. Mamanya saja dikasih makan yang bergizi. hehehehe…!!!!! kami tidak ada perasaan khawatir sama sekali tentang stok ASI.
Apalagi harga susu kaleng cukup tinggi. ASI itu gratis karena pemberian Ilahi.  ASI tidak akan habis selama anak masih membutuhkan. Begitu lahir, anak langsung ditempelkan ke puting susu ibunya. Yakin aja mesti keluar, meski ada yang langsung atau menunggu agak lama. Optimis ajah. Hehehehe

Author: zaki19482

Saya sedang belajar menulis, mencoba menulis segala sesuatu yang dapat dilihat, didengar dam dirasakan

6 thoughts on “Sik……ASIX…!!!!! Sik……ASIX….!!!”

  1. Selamat ya…. anak full ASI biasanya lebih dari yang lain 🙂
    Kaka Rinjani dulu lulus hingga usia 3 tahun, Ayesha pinginnya ikutan jejak kaka nya… tapi kebiasaan pegang payudara bundanya baru hilang saat dede nya lahir 😀

    Like

Leave a Reply

