ASIX ITU PILIHAN KAMI

Kami memilih ASIX buat si Ifa bukan tanpa resiko meskipun murah. Kami terbebas dari membeli susu kaleng. ASIX membutuhkan komitmen kami sebagai orang tua. Konsekuensi yang tidak hanya untuk mama saja. Tentu saja, buat saya juga sebagai ayah.
Lho kok bisa? sambil garuk-garuk kepala. Hehehehehe….!!!! Lha yang jelas. Anak yang lahir ke dunia atas kerjasama antara ayah dan mama. Pengasuhan anak adalah tanggung jawab orangtua yaitu ayah dan mama. Termasuk keputusan memakai ASIX atau Susu Formula.
Harap diketahui, Jika kita memilih ASIX maka tidak kalah ribet dengan susu formula. Mama yang tidak bekerja itu bukan masalah tentang persediaan ASI. Mama bisa memberi kapan saja langsung dari sumbernya. Hehehehehe…..!!!!!
Kalau bekerja, lain ceritanya. Itu dibutuhkan manajemen stocking. Karena anak butuh ASI sewaktu mama bekerja di luar. Stocking memerlukan alat bantu mulai dari kantong ASI, botol ASI dan lemari pendingin.
Stocking memerlukan teknik tersendiri. Setiap ASI yang masuk kantong/botol ditulis tanggal produksi. ASI yang masuk kulkas bertahan sampai dengan 3 bulan. Kalau mau mengkonsumsi persediaan ASI maka harus dipanasi terlebih dahulu. Pompa ASI juga diperlukan dan alat sterilisasi.
Kondisi psikologi mama juga harus diperhatikan. Mama yang bahagia memproduksi ASI lebih melimpah. Mama harus menjaga diri untuk tidak stres. Stres tidak bagus untuk produksi ASI. Makanya, suami harus ikut bertanggung jawab kelancaran produksi ASI. Konselor laktasi menyebut dengan istilah AYAH ASI.
Peralatan ASI sungguh bermacam-macam. Seiring perkembangan budaya ASIX timbul bisnis baru yaitu Kedai ASI. Kakak saya sempat senyum sendiri melihat tulisan kedai ASI. ” kedai ASI itu jualannya apa dik?”, tanya dia kepada saya. ” Jualan peralatan untuk menyusui mas”, jawab saya. ” Ooo gitu ya”, jawabnya sambil senyum sendiri.
ASI eksklusif sekilas memang lebih ribet. Apalagi buat ibu bekerja. Namun, manfaaat ASI eksklusif. Hmmm…!!! Jangan tanya. Sangat besar sekali. Daya tahan tubuh anak sangat bagus. So, pemakaian obat kimia dapat dikurangi. Buktinya paling tidak anak saya sendiri. Ifa jarang sakit dan tangguh fisiknya?
Karena manfaat itu maka banyak yang tertarik. Sebagian ibu bekerja bahkan rela ribet demi ASI eksklusif. Sahabat istri adalah PNS di sebuah kementerian di Jakarta. Dia sering bepergian. Dia mengikuti program ASI eksklusif, mulai  menyusui anak dengan ASI, pompa ASI, simpan ASI.
Kondisi psikologis mama juga harus diperhatikan. Konselor laktasi bilang. “ produksi ASI berbanding lurus dengan kebahagiaan mama si bayi”. Mama yang merasa bahagia maka produksi meningkat, mama bersedih maka produksi ASI menurun.
Program ASIX bukan hanya tanggungjawab mama. Itu juga tanggungjawab ayah. Makanya, Program ASIX juga merekatkan hubungan suami istri. katanya lho, hehehe…!!! Jadilah Ayah ASI yaitu menjadi ayah yang mendukung program ASIX.
Silahkan membuat perbandingan antara ASI dan Susu Formula baik dari segi kesehatan, ekonomi, kepraktisan dan psikologis. Jika perbandingan secara ekonomi maka program ASIX cukup murah. Segi praktis maka lebih praktis susu formula. Segi kesehatan dan psikologi maka ASIX jauh lebih baik.
Segi kesehatan anak, saya sudah membuktikan sendiri. Ifa bisa dikatakan jarang sekali ke dokter. Ifa hampir tidak pernah sakit. Kalau badannya panas cukup dikasih ASI. Sehat dan daya tahan tubuh yang kuat. Padahal, Ifa tidak terlalu higienis. Ifa suka main tanah. Suka masukin mainan ke mulut. Ifa tidak mengalami alergi dsb.
Nilai kesehatan anak memang tidak kentara dari nilai ekonomi. Baru kelihatan jika anak sakit. Susu Formula berasal dari susu sapi, kedelai, kambung dsb. Tentu saja, Itu semua berbeda dengan ASI. ASI berasal dari manusia. Tidak semua unsur diterima organ tubuh. Kadang muncul penolakan yang wujudnya sebagai alergi.
Karena manfaat ASIX yang besar. Sahabat istri rela mengikuti program ASIX. Dia bukan wanita rumahan, bekerja sebagai PNS di kota Jakarta. Dia sering perjalanan dinas ke luar kota, luar jawa bahkan luar negeri.
Dia cerita ke istri saya jika bepergian maka tidak lupa membawa “persenjataan”. “Persenjataan” terdiri dari breast pump, botol ASI, kantong ASI dan Kotak ASI. Dia memompa ASI disimpan di botol/kantong ASI ketika istirahat di hotel.
Hasil perahan ASI disimpan di kulkas hotel. Kalau dalam perjalanan, botol/kantong ASI disimpan di Kotak ASI yang dilengkapi dengan cooler.
Betapa ribet, tidak praktis dan membebani. Karena sudah ada niat, dilakukan dengan senang hati tanpa beban. Dia sadar manfaat ASI Eksklusif.
Kami masih belum apa-apa. Istri kerja dari rumah. tempat kerja saya dekat rumah. Kalau merasa ribet maka merasa malu dengan sahabat istri.
Finally, semua adalah pilihan. Anda tinggal memilih. Studi kesehatan sudah maju. kelebihan dan kekurangan sudah sering disampaikan tentang ASI dan Susu Formula.
Ada satu kesepakatan. Kita ingin yang “Terbaik” untuk anak kita. Bagaimana menurut anda yang “Terbaik” untuk anak kita???? hehehehehehehe…!!!!

                                          

Advertisements

4 thoughts on “ASIX ITU PILIHAN KAMI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s