Budaya Makan Siang

Kantor saya selalu menyediakan makan siang bagi karyawan. Ini bisa jadi kelebihan dan kekurangan bagi saya sendiri. Kelebihannya adalah saya tidak perlu keluar uang ekstra untuk makan siang, kalau kekurangannya adalah saya jadi terikat. Nggak bebas makan diluar atau bawa bekal dari rumah.

Kalau makan di kantor itu terkadang bosan. Maklum, katering sudah punya menu paten. Kita cuman manut saja. Menu sering diulang-ulang, hari ini menu A, besok menu B dan seminggu lagi ketemu menu A lagi. Bosen jadinya….:)))

Kalau keseringan makan keluar ditegur teman  satu kantor. “Nggak makan siang di kantor mas”, tegur mereka. Ibu-ibu sering suka tegur. Itu mendingan daripada digosipin, dikira milih-milih makanan. Paling nggak enak kalau yang ditegur yunior,  seperti saya. Hehehehehe…!!!!

Pernah, Saya makan siang di kantor but bawa bekal makanan dari rumah. karena masa penyembuhan dari sakit tifus. Orang yang sehabis sakit tifus pola makannya bertahap. Mulai dari bubur, nasi tim, nasi lembek dan baru menginjak nasi biasa. Karena pencernaan belum siap menerima makanan keras.

Pengalaman bawa bekal makanan jadi ketawa sendiri. Awalnya mereka memaklumi. Lama-lama, saya senang bawa bekal sendiri. Alasannya simpel yaitu irit, sesuai selera dan lebih sehat. Karena dimasak sendiri. Masak sendiri berarti mengetahui beli bahan darimana, cara masak bagaimana dan jelas bebas vetsin. Poin terakhir tadi yang tidak bisa dipenuhi hampir semua katering kecuali katering makanan bayi.

Saya enak saja bawa bekal. Teman satu kantor jadi penasaran dan menanyakan hal ihwal bekal. Mereka penasaran dan selalu bertanya tentang bekal saya. Penyakit saya sudah hilang tetapi lanjut bawa bekal.

Finally, pimpinan kantor saya tanya,”apa disuruh bawa bekal sama istri dan apa makanan disini kurang sehat?”. Wah jadi nggak enak nih. Istri nggak pernah melarang dan saya tidak mempermasalahkan gizi makanan di kantor. Teman-teman bertanya-tanya kok saya tidak mau makan jatah kantor

Wah, jadi repot. Kok jadi “obrolan” kantor. Saya tanya istri yang dulu pernah kerja di kantor. Dia bilang kalau bawa bekal itu biasa di kantornya. Mereka saling mengecek bekal masing-masing rekan kerja. Kok beda dengan di kantor saya.

Bahkan, ibu pimpinan secara halus pesan yang intinya kalau nggak perlu bawa bekal, katering disini sudah ok. Saya nggak masalah jatah makan siang kantor tetapi suka bawa bekal aja. Hehehehe….!!! Akhirnya saya nyerah dan kembali makan jatah katering.

Ajaib, nggak ada komentar lagi. Emang kurang tangguh saya. Diomongin dikit udah lembek. Hahahaha….!!! Males aja di komentarin. Kejadian ini mungkin terjadi dimanapun. Hampir semua kantor punya budaya makan siang mulai : makan keluar, katering di kantor atau bawa bekal dari rumah.

Makan siang rame-rame di rumah makan favorit atau sendirian. Makan siang dari jatah katering,  itu kebiasaan kantor saya. Makan siang bersama dalam satu tempat dari bekal makanan yang dibawa dari rumah sambil saling mengecek lauk milik teman. Hehehehehe…..!!!

Budaya mengikat warga disitu, termasuk budaya makan siang. Warganya yaitu karyawan kantor itu sendiri. Kantor saya berbudaya makan siang dengan katering. Kalau ada yang beda mesti terasa aneh. Cuman, kalau mau tampil beda ya harus berani. Saya nggak terlalu berani, nyerah deh. Hehehehehehe…!!! Meski menurut saya lebih sehat.

Advertisements

7 thoughts on “Budaya Makan Siang

  1. Kebayang sih Mas kalo menunya sama muter terus gitu. Sekali-sekali gapapalah Mas bawa bekel asalkan gak tiap hari. Kan sudah hapal ya pastinya menu kateringnya apa, kalo pas males baru deh bawa mas. hehehe..

    Like

  2. wuihh, asik bener makan siang disediakan kantor. Di tempat saya mah nyari sendiri. Tapi kami juga punya budaya makan siang, yaitu tiap sebulan sekali kami masak dan bawa makanan ke kantor untuk makan siang bersama. Seperti yang kami lakukan siang tadi 😀

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s