TIMLO SOLO

Obrolan tentang kuliner di kota Solo. Salah sati kuliner khas kota Solo yaitu TIMLO. Kalau tidak salah, Timlo itu representasi dari Solo. Kalau bicara Gudeg asosiasinya ke jogja, ngomong tentang Kerak Telor itu Jakarta. Nasi Gandul maka pikiran kita melayang ke kota Pati Jawa Tengah.

TIMLO sekilas mirip SOTO yang membedakan adalah isi dan kuah. Isian dari TIMLO meliputi Ati Ampela, Irisan Sosis Solo, Mihun, Telur Pindang dan Suwiran Ayam Goreng kemudian dituangi kuah.

image
TIMLO SOLO

Nasi bisa dipisah atau dicampur dengan Timlo sekaligus. Rempah-Rempah spesifik TIMLO  yaitu cengkeh. Penjual Timlo dekat rumah masih memakai cengkeh, rasanya agak “nyegrak” ( jawa : menyengat ) khas cengkeh.

Ada dua tempat terkenal yang jual TIMLO di kota Solo yaitu TIMLO MAESTRO dan TIMLO SASTRO. Saya lebih menyukai TIMLO MAESTRO karena terasa lebih ringan daripada TIMLO SASTRO, keduanya sama istimewa.

image
DAFTAR MENU

Sesuatu yang membuat Timlo Solo istimewa adalah Sosis. Sosis adalah pembeda utama dengan soto.  Bagi pecinta sayuran juga tidak terlalu senang. Karena timlo ini sama sekali tanpa sayuran.

image
SOSIS DIATAS SENDOK

TIMLO  juga ada variannya yaitu TIMLO GORENG. TIMLO tanpa kuah namun dibungkus dengan kulit. Kulit yang dibuat dari campuran tepung terigu dan telor. Isian agak sedikit berbeda yaitu ditambahi wortel dan jamur kuping, soon dan ayam cincang.

image
TIMLO GORENG

TIMLO GORENG juga bisa dikonversi ke bentuk kuah. Isi TIMLO GORENG dan Sosis disiram dengan kuah. Kuahnya sama dengan menggunakan cengkeh sebagai penyedap rasa. TIMLO yang jenis ini terasa lebih segar. Karena hadirnya sayuran.

image
VARIAN TIMLO SOLO

Advertisements

2 thoughts on “TIMLO SOLO

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s