SATE KAMBING “MBOK GALAK” SOLO

Kemarin malam, saya dan istri mendatangi kondangan di tempat saudara istri. Mereka kebetulan baru saja melahirkan anaknya yang pertama. Kami sudah membayangkan makan sate kambing, gulai dan tengkleng. Maklum,Kelahiran anak berarti aqiqah. Lha, kalau aqiqah berarti makan kambing. Biasanya gitu. Lha, yang ini apes. Hehehehehehe…!!!

Menunya nggak ada kambing sama sekali. Ternyata, acara bukan aqiqah tetapi perkenalan ke tetangga baru. Acara aqiqah mungkin sudah di tempat mertua . Mereka langsung menempati rumah baru setelah istrinya melahirkan so ada perkenalan dengan tetangga. Lebai Malang nasib kami. Hehehehehehe. Kami ganti Nasi Padang yang ternyata juga jauh dari ekspektasi kami ( hehehehehe…..!!!!! Sok Inggris, padahal wagu)

Pagi harinya, Istri bilang, “Yah, kita makan pagi di mbok Galak yuk?”, “itung-itung gantinya tadi malam”, “Makan Nasi Gulai”. ” Hahahahaha….!!!” , ternyata sudah terlanjut ingin makan Gulai Kambing. Saya jawab,” Ok Ma, Ifa ikut juga ya?”. Ifa meskipun nggak ikut makan tapi gabung juga asyik. hehehehehe….!!!!!!. Kami berempat menuju ke tempat sate kambing “ Mbok Galak”.

Tampak dari Dalam

Sate Kambing ” Mbok Galak” terletak di kawasan Sumber Solo. Kalau anda tahu SMP IT Nur Hidayah, ya dekat tempat itu. Kalau anda tahu Jembatan Komplang ke barat kira-kira 500 m nanti di utara jalan ada Sate Kambing “Mbok Galak”. Atau, anda tanya saja Kantor Kementrian Agama Surakarta nanti di depan Kantor tersebut ada Sate Kambing “Mbok Galak”.

Namanya Mbok Galak. But, penjualnya sama sekali tidak galak bahkan ramh-ramah. Tidak ada yang mbok-mbok disana. Namun, namanya mbok galak. Tak tahulah, apa arti nama yang penting enak. bhahahahahahaha…….!!!!!!!!

“Pikulan”

tempat bakar sate, Masak Tongseng, Nasi Goreng dan panci berisi Gulai Kambing

Sate Kambing “Mbok Galak” adalah rumah makan sate kambing yang terkenal di Solo. Biasanya, Penjual sate kambing menghidangkan 5 tusuk sate per porsi. Sate Kambing “Mbok Galak” menyajikan 10 tusuk sate. Porsi yang mangstaaaaabbb…!!! Tongseng yang lezat dan Gulai yang menggoda. Menu penutup istimewa yaitu “Thengkleng” ( tertulis di spanduk tuh). Lha yang ini hanya ada di Solo. Tempat lain lewat.

“Sate Kambing 1 porsi yang isi 10 tusuk, Gulai Kambing dan Thengkleng Mas”, pesan mama ke penjual sate. Kita nyari tempat dan nunggu masakan. “Mbak, Thengkleng habis”, pelayan nyeletuk gitu. “Habis?”, gumamku. “ Cepet amat”, sambil geleng kepala. “Pak, diganti Tongseng untuk Thengklengnya”, kata Istriku. “ Ya mbak”, jawab si pelayan.

Itu cuma 8 Tusuk, yang 2 tusuk sudah saya makan. 🙂

Yang warna putih itu taburan Merica. pedes-pedes panas. asyiiiikkkk…..

 Sate Kambing di tempat “Mbok Galak “ cukup istimewa karena jumlah tusuk yang lebih banyak dan mesti ada daging berlemak. Rasanya mak Nyusss. Kalau bicara penyakit, memang yang “mak Nyuss” itu yang tidak sehat. Hehehehe….!!!!!.Sate mesti dilengkapi Lalapan Kubis, Irisan Jeruk Nipis dan Cabe. Tak lupa pula, taburan Merica Bubuk diatas menambah sedapnya sate.

Ketika sedang nikmatnya makan sate, si pelayan datang membawa Thengkleng. “Mbak, ini tadi masih ada sisa”, Kata si Pelayan. Alhamdulillah, akhirnya makan Thengkleng. Kami makan 4 jenis makanan yaitu : Sate Kambing, Thengkleng, Gulai Kambing dan Tongseng. Lapar atau Doyan ya? Hehehehehe……

Tongseng itu Daging kambing mentah dimasak langsung dengan kuah gulai. Ditambahi bumbu rempah-rempah seperti Merica, ketumbar, tomat dsb. Tak lupa diguyur kecap manis. Rasanya, hmmmm… Yummy. Rasanya segar berkuah.

 

Itu terlihat Potongan Daging, Tomat, Kubis dsb

Gulai kambing ya seperti biasanya. Hidangan sate kambing dengan bumbu rempah-rempah. Isi Gulainya adalah daging, jeroan sapi semisal : iso,babat sapi, hati,paru dsb. Gulai ini sedap dimakan apalagi dengan cabai atau acar.

Gulai Kambing

Isinya Jeroan Kambing Bro…!!!!

Thengkleng? Wah ini yang tiada duanya di Solo. Daerah lain, Tulang kambing, Kepala Kambing, Telinga kambing, jeroan kambing, Otak dsb mesti dibuang karena baunya amis dan sulit dimasak. Orang Solo menyulap bahan buangan tersebut menjadi makanan lezat. Ada sumsum, Tulang Muda, Kikil, Kepala Kambing, Mata Kambing, Telinga Kambing, Jeroan Kambing, Otak Kambing dsb.

Cara memakannya bisa dengan meghisap “ sumsum’ atau menyisiri daging yang ada di tulang. Ini keasyikan tersendiri. Otak kambing, hmmmm sangat sedap. Tapi, jangan Tanya kalau mengandung banyak lemak jahat atau kolesterol. Hehehehehehe….!!!! Ini memang bukan makanan sehat tetapi makanan lezat.

Thengkleng
Makan masakan kambing lebih dari sekedar makan namun juga “klangenan” atau hobi. Jadi, Kepuasan hati itu utama termasuk makan “thengkleng”. Pembeli merasa puas karena keinginannya terpenuhi dan diperhatikan.
“Mbok Galak” juga senang karena pembelian juga nambah. Kayak kita, yang sebenarnya beli tiga macam menu jadi empat macam. Beli Tongseng ya, Beli Thengkleng ya. Padahal niat kami hanya beli thengkleng aja. Ada-ada aja, hehehehehe.Sssssttttttttt….!!!! Krupuk di “Mbok Galak” gratis lho.
Advertisements

Author: zaki19482

Saya sedang belajar menulis, mencoba menulis segala sesuatu yang dapat dilihat, didengar dam dirasakan

4 thoughts on “SATE KAMBING “MBOK GALAK” SOLO”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s