Ifa Belajar Berjalan

Anak saya selain terlambat ngomong, baru bisa berjalan tanpa bantuan di usia 14 bulan. Pokoknya TOP BGT dah. Sukses bikin deg-degan. Hehehehe…!!! Sekarang udah berlari. Tenang aja…hihihi….!!! Naik turun tangga udah lancar.

Ifa sebelum bisa berjalan sukanya diatas tempat tidur. Ifa sudah tidak mau di boks sejak usia 1bulan. Ifa suka main-main diatas kasur. Kebiasaan ini berlanjut sampai dia duduk sendiri. Ifa lebih suka di kasur daripada di lantai. Kita santai aja. Maklum, anak pertama jadi orangtuanya belum pengalaman.

Kami mencoba mengajak ifa main di lantai. Tentu saja, kami agak dag dig dug. Lantai khan dari keramik. Keras dong, hehehehe…!!! Kalau jatuh bisa benjol itu  ternyata, Ifa masih ragu dan takut berdiri. Berdiri sebentar terus duduk. Dia belum percaya diri untuk berdiri meski sudah kuat.

Kami mencoba dengan mainan yaitu Around We Go. Ifa seneng banget, harapannya biar cepet jalan. Around We Go itu kayak Baby Walker jaman saya kecil cuman diperlengkapi mainan dan gerakan cuman memutar.

Sumber : Mainan Solo

Ifa seneng banget. Apalagi ini praktis banget dan sangat membantu. Kalau Ifa sudah disitu maka kami bisa mengerjakan pekerjaan lain. Anaknya nggak akan kemana, hatinya senang karena banyak mainan. Pokoknya kepentingan orang tuanya banget. hehehehe…!!!

Ternyata, Baby walker sejenis itu tidak bagus bagi anak yang sedang belajar berjalan. Karena kaki anak tidak berpijak ke bawah. Anak tidak perlu berpijak ke bawah untuk bisa berputar. Kaki anak cukup diseret aja. Alat semacam diatas tidak menyiapkan anak untuk segera berjalan.

Ada alat yang membantu menguatkan otot kaki anak. Kalau otot kaki kuat logikanya adalah mudah belajar berjalan. Nama alat ini adalah Jumperoo atau sejenisnya. Anak akan melompat-melompat di alat ini.

Sumber : Mainan Solo

Baby walker yang baik itu seperti alat dorongan. Jadi, kalau anak anda sedang belajar berjalan dan suka mendorong meja dan kursi itu bagus. Anak saya tidak suka mendorong meja. Kalau suka mendorong maka kasih aja baby walker semacam ini.

Sumber : Mainan Solo

Ifa udah mau ditetah sejak lama. Tapi harus dibantu berdiri dan pegangan yang kuat. Ifa belum PD juga. Lama-lama mau berdiri sendiri. Dan akhirnya, kami memakai baby walker jenis dorongan.

Saudara sepupu istri sukses ngajari anaknya berjalan dengan baby walker dorongan. Kata dia, setelah beberapa kali pakai. Anakya udah pandai jalan sendiri. Pokoknya harus teteg dan mantep. Kalau kita takut bisa mempengaruhi ke anak jadi tidak PD.

Lha nanti gimana kalau anaknya jatuh? Dia belum bisa mengatur langkahnya sendiri.  Dia cerita kalau balita bisa mengontrol sendiri irama mendorong baby walker. Pada awal memang begitu semakin lama semakin pintar mengatur langkah kaki. Cuman pas melatih itu posisi yang menjaga si balita jangan dari depan tapi dari belakang.

Kalau bisa sendiri nggak usah dipegangi cuman di jaga dan juga dari belakang. Kalau mau jatuh baru dipegangi. Kalau jatuhnya tidak berbahaya, ya biarin aja jatuh. Hehehehehe…!!!!Itu melatih anak percaya diri untuk berjalan.

Kaki langsung berpijak ke bawah dan otot terlatih. Alhamdulillah, anak sudah bisa berjalan di usia 14 bulan. Kombinasinya Jumperoo dan Baby Walker. Nggak ada jumperoo, baby walker udah cukup kok.

Advertisements

2 thoughts on “Ifa Belajar Berjalan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s