MPASI itu penting

Hmmm, MPASI itu apaan ya….???? Saudaranya ASI atau jenis makanan baru…??? Apa hubungannya dengan ASI…???? MPASI itu kepanjangan dari Makanan Pendamping Air Susu Ibu. Karena pendamping maka harus tetap diberi ASI itu si balita. Karena Balita semakin gede maka butuh makanan ekstra.

Ifa diberi MPASI karena kebutuhan gizi meningkat. Ini seiring pertumbuhan jasmaninya. Karena gerak tubuh semakin sering maka butuh energi lebih besar. MPASI yang menggenapi. MPASI juga berfungsi mempercepat pertumbuhan karena mengandung banyak zat gizi yang dibutuhkan balita.

MPASI itu melatih kemampuan organ mulut dan organ pencernaan si Ifa secara bertahap. Karena MPASI diberikan secara bertahap tidak boleh langsung yang tekstur keras. Kebutuhan gizi juga tercukupi tanpa berlebihan. Ifa berat badannya tidak terlalu besar namun juga tidak kecil. Kalau kurus jadi malnutrisi dan kalau kegemukan jadi Obesitas.

Ifa sejak lahir sampai berusia 6 bulan hanya mendapatkan ASI. Ifa mulai diberikan MPASI alias makanan pendamping ASI di usia 6 bulan. Ada 4 alasan mengapa MPASi baru diberikan setelah berusia 6 bulan, berikut di antaranya:

  • Setelah 6 bulan, Ifa membutuhkan lebih banyak zat besi dan seng lebih banyak daripada yang tersedia di dalam ASI.
  • Sebelum usia 6 bulan, enzim pencernaan Ifa belum sempurna sehingga belum dapat mencerna zat tepung dan protein.
  • Sebelum usia 6 bulan, sistem kekebalan usus Ifa pun belum sempurna. Akibatnya, sistem kekebalan usus yang berfungsi melindungi usus dari makanan sumber protein, belum cukup diproduksi, sehingga banyak protein yang masuk ke dalam sel-sel usus malah merangsang reaksi menyimpang.
  • Usia 6 bulan adalah Ketika Ifa mulai belajar mengunyah dan mulai bisa menelan makanan padat sehingga risiko tersedak menjadi berkurang.

Itu kata Tabloid NAKITA. Saya buka di website mereka. Kalau diberikan sebelum 6 bulan maka bisa terjadi reaksi menyimpang. Bermacam-macam wujudnya mulai sakit sampai dengan Picky Eater atau tukang milih makanan.

Reaksi menyimpang ini dapat berupa alergi, diare atau anak menjadi pemilih makanan atau Picky Eater. Reaksi menyimpang ini disebabkan balita mengkonsumsi makanan yang teksturnya terlalu keras, makanan yang sensitive untuk saluran pencernaan atau gejala alergi yang belum tampak.

Ifa mengkonsumsi MPASI. MPASI harus memenuhi prinsip-prinsip sebagai berikut :

  1. MPASI dimulai dari makanan yang cair atau encer.

Ini yang dimaksud tekstur MPASI. Kita sadar bahwa organ pencernaan balita 6 bulan masih lemah maka nggak bias langsung diberi makanan yang tekstur yang kasar.

  1. MPASI harus dibuat dari bahan makanan yang segar.

Lebih baik lagi yaitu yang Organik. Heheheheh…!!!! Mesti mahal dunkz. Buat anak nggak apa-apalah. Kalau perlu hutang. Jiahahahaha….!!!!! Nggak sampai begitulah.

  1. Anak diperkenalkan berbagai jenis makanan satu per satu.

Maksudnya, kalau mengenalkan satu jenis makanan maka dicoba sampai 3-4 hari. Agar diketahui reaksi menyimpang mungkin terjadi, seperti alergi. Misal : Ifa diperkenalkan dengan bayam maka dikasih sayur bayam selama 3 hari. Kalau nggak ada reaksi menyimpang bisa dilanjutkan.

  1. Sayur-sayuran harus diberikan terlebih dahulu daripada buah-buahan.

Ini mendukung poin 5 dengan tujuan memperkenalkan berbagai jenis makanan. Karena sayuran tu rasanya cenderung netral. Ini menghindari anak menjadi pemilih makanan atau Picky Eater. Inget tulisan saya dulu, No Sugar, No Salt and No Additive

 

  1. MPASI dibuat dalam bentuk  Puree.

Puree itu sejenis makanan dari buahan-buahan yang dilumat. Nanti ada tulisan tersendiri.

  1. MPASI diberikan secara bertahap.

Ini yang dimaksud tekstur MPASI. MPASI untuk balita 7 bulan berbeda dengan MPASI balita usia 12 bulan. Karena organ pencernaan blita 12 bulan lebih sempurna. Prinsipnya yaitu mulai dari CAIR –> LEMBUT –> AGAK KASAR –> KASAR.

  1. Jika ada riwayat Alergi terhadap suatu bahan makanan tertentu maka ditunda dulu.

Apabila ada riwayat alergi di keluarga Ifa terhadap bahan tertentu maka ditunda dulu. Ada  bahan makanan yang dicurigai dapat menyebabkan alergi.

Misal : Telur –> diberikan setelah satu tahun,  Kacang –> diberikan setelah usia 3 tahun.

Alhamdulillah, Ifa nggak alergi apapun

  1. Jangan memberi bubur bayi dari produk pabrik ( Ini pengalaman pribadi).
  2. ASI tetap diberikan ke Balita sampai 2 tahun.

Selamat membuat MPASI. hehehehehe….!!!!

Sumber :

1. http://www.ayahbunda.co.id/Artikel/bayi/tips/tahapan.pemberian.mpasi/001/005/475/1/1

2. http://www.tabloid-nakita.com/read/2540/rambu-rambu-pemberian-mpasi-

3. http://bidanku.com/kenali-tahapan-ideal-pemberian-makanan-bayi

4. http://www.parenting.co.id/article/bayi/anak.mulai.diberi.mpasi.ini.jadwalnya/001/002/174

 

Advertisements

Author: zaki19482

Saya sedang belajar menulis, mencoba menulis segala sesuatu yang dapat dilihat, didengar dam dirasakan

8 thoughts on “MPASI itu penting”

  1. Banyak yg salah emang. Gara-gara takut anaknya kurang gizi, malah diberi asupan lain pas sebelum nyampe 6 bulan. Makanannya pun yg tergolong berat, pastinya mencret biasanya bakal terjadi.
    Materi kuliah saya ini mah, tapi lupa lagi pas semester berapa.

    Liked by 1 person

  2. mantabh Mas Zaki.Jadi inget masa-masa MPASI anak saya dulu. Hihihi. Seruuu! Bangga Mas ada ayah seperti njenengan,. Menurut riset salah satu prikolog anak, Indonesia butuh lebih banyak orang seperti njenengan. 🙂

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s