BESTIK DADAR LIDAH ALA SOLO

edit
Bestik Dadar Lidah

Kemarin malam, saya pengin makan bestik dadar lidah. Rasanya udah lama banget nggak makan itu. Saya inget betul. Ayah yang memperkenalkan bestik dadar lidah. Ada yang khas yaitu kuah yang kaya akan kecap.Satu lagi yang khas yaitu Porsi yang besar.

Warung makan yang menyediakan menu ini adalah WARUNG BAKMI PAK DARMO. Pak Darmo menyediakan menu-menu istimewa yang berkaitan dengan Daging Sapi dan Lidah Sapi. Menu itu antara lain Bestik Dadar Lidah, Bestik Daging, Nasi Goreng Lidah dan Nasi Goreng Krukup dsb.

Saya suka Bestik Dadar Lidah dan istri suka Nasi Goreng Lidah. Karena Bestik Dadar Lidah adalah favorit saya maka diulas dahulu deh. hehehehehe…!!!! Bestik daging sudah biasa tetapi dadar lidah yang istimewa. Bestik Dadar Lidah adalah Telur dadar yang disiram kuah bestik.

Bestik itu sebenarnya bukan masakan asli Indonesia. Bestik itu berasal dari eropa. Belanda adalah bangsa eropa yang menjajah Indonesia. Lha, peninggalan mereka salah satunya adalah kuliner. Resep ini beralkulturasi dengan lidah jawa maka muncul bestik. Hahaha….!!!!

Apapun namanya baik itu bestik daging, bestik daging, bestik lidah sapi dsb maka kuahnya sama semua. Kuah kecap dilbumbui dengan bawang bombai dan bumbu khas Indonesia. Kuahnya encer berbeda dengan beef steak yang kental.

Bestik Dadar Lidah itu isiannya yang berbeda. Isiannya yaitu Telur Dadar dengan isian daging lidah sapi. Tekstur lidah sapi yang empuk dan rasa yang gurih menambah kelezatan. Bestik dilengkapi dengan sayuranyaitu selada, kentang dan wortel.

Seluruh bumbu dan bahan dicampur dalam wajan dan dipanaskan. Penyajiannya dicampur jadi satu kecuali mayones dan selada. Kalau steak yang saya tahu masaknya sendiri-sendiri. Sewaktu mau menyajikan baru dicampur.

Bestik jawa dicampur dari awal. Seluruh bahan dicampur dan dimasak diatas kompor. Bestik dadar lidah disajikan dalam keadaan masih panas. Lidah sapi juga sudah matang. Presentasinya seperti sayur bestik. Makannya dengan nasi. Nasi ini yang Indonesia banget. hehehehe…!!!!

Bestik dadar lidah pak darmo adalah satu-satunya di Solo. Itu menurut saya yang suka jajan. Anda coba cari di Solo kemungkinan nggak ada cuman di Pak Darmo saja. Kalau anda nyari bestik daging, bestik lidah atau bestik ayam masih banyak yang jual.

Saya nggak tahu. Apakah ini hasil kreativitas pak Darmo atau meniru di tempat lain. Telur dadar dikombinasi lidah sapi dan akhirnya disiram kuah bestik terasa unik. Meskipun, Pak Darmo jualan nasi goreng lidah, nasi gorenga ayam, bakmi godog atau bakmi goreng, pak lay, cap jay dsb. Saya setia dengan Bestik dadar lidah. hehehehehe….!!!!

20150401_200232
Suasana yang di Cabang Pajang Sukoharjo

 

Lokasinya mudah dijangkau kok. Jika anda menginap di Hotel Novotel Solo. Anda tinggal naik becak ke arah pasar kembang yaitu arah selatan. WARUNG BAKMI PAK DARMO berada 100 meter ke selatan dari Pasar Kembang. Tepatnya, di depan SMA AL-ISLAM 1 SURAKARTA. Posisinya di sebelah barat jalan.

Warungnya ada dua bagian. Satu bagian di Ruko dan bagian lain di Tenda. Anda bisa menikmati sajiannya dengan ditemani lantunan lagu keroncong. Rasanya kaya kembali di zaman Belanda dulu. hahahahaha….!!!!! Kayak pernah hidup di zaman Belanda saja.

 

 

 

Advertisements

2 thoughts on “BESTIK DADAR LIDAH ALA SOLO

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s