MPASI si Ifa

MPASI telah dijalani Ifa. Tulisan ini paling tidak untuk jaga-jaga seandainya Ifa punya adik. Hehehehe…!!!! Dokumentasi tumbuh kembang anak sendiri. Salut buat Bang Jampang. Beliau punya Sabiq’s Diary. Kalau saya belum sanggup kayak abang. Hahahaha…!!!!

Ifa melalui tahap MPASI sejak umur 6 bulan. MPASI adalah Makanan Pendamping ASI. MPASI bukan pengganti ASI sehingga pemberian ASI tidak boleh dihentikan apalagi diganti Susu Formula. Caranya bukan begitu. Bahkan pembuatan MPASI menggunakan ASI sebagai campurannya. Itulah pengalaman Ifa menjalani MPASI.

Mama Ifa awalnya galau tentang pilihan Buah atau Sayur. Makanan pertama yang dikonsumsi Ifa. Karena ada dua aliran dalam MPASI. Aliran pertama memilih sayur dikonsumsi pertama kali oleh bayi. Karena sayur lebih netral. Ini mencegah anak menjadi pemilih makanan (picky eater).

Aliran kedua memberikan buah terlebih dahulu bagi bayi untuk pertama kali. Karena banyak bukti, anak yang mengkonsumsi buah-buahan di awal MPASI tidak menjadi pemilih makanan. MPASI dari buah juga lebih mudah diolah. Karena tidak seperti sayuran yang mengandung selulosa.

Mama ifa memilih memberikan buah-buahan terlebih dahulu. Buah yang dipilih yaitu Pisang. Pilihan yang berani. Karena banyak pula yang menghindari pisang. Karena membuat anak jadi sembelit. Alhamdulillah, Ifa aman-aman saja. Hehehehehehe…!!!!!

MPASI diberikan karena organ pencernaan balita mulai dari mulut sampai dengan pembuangan masih lemah . So, MPASI diberikan secara bertahap baik dari segi bahan, tekstur maupun rasa maupun bumbu masakan. Teksturnya mulai yang lembut, Bahannya mulai yang nabati dan Rasanya mulai yang paling netral.

MPASI pada awalnya mesti buatan sendiri atau Homemade. Lha, Banyak yang jualan Bubur MPASI tuh? Hmm…!!! Itu buat bayi usia 8 bulan keatas deh. Bubur MPASI yang jual itu biasanya sudah memakai protein hewani. Kalau MPASI dibawah 7 bulan cocoknya buatan sendiri. Karena bahan yang dipakai cuman dua yaitu buah/sayur dengan ASI.

Ribet? Memang, hehehehe…!!!! Bayangkan saja, Kita harus menyiapkan bahan yaitu Buah/Sayur dan sang Ibu harus memerah ASI. Kalau bahannya dari buah/sayur yang bisa langsung digerus lebih praktis (misal : pisang, papaya). Coba kalau yang harus dikukus dulu semacam : Labu Kabocha. Apalagi yang pakai di-Tim. Hehehehe…!!!!

MPASI itu pilihan. Kalau sudah memilih maka resiko harus dihadapi. Hahahaha…!!!! Para Wanita aktif yang memilih MPASI sering disebut Supermom. Supermom itu wanita sibuk yang masih sempat menjalankan program MPASI. Mereka masih nyari uang, menyusui, memeras ASI, menyimpan ASI, menyiapkan MPASI , mengurusi keluarga dan tidak lupa bersosialisasi. Ngerih…!!!!

Mereka juga selalu meng-update pengetahuan tentang MPASI. Karena MPASI itu bertahap. Tahapan MPASI paling tidak itu ada tiga yaitu usia 6+, usia 8+ dan usia 9+. Pengalaman Ifa dan sedikit ambil dari sana-sini.

Berdasarkan Ilmu MPASI dari Pak Wied. Pakar MPASI yang tersohor menurut istri saya dan yang lainnya. Tulisan beliau dijadikan pegangan oleh para aktivis ASI, kayak yang di AIMI ASI. Sekarang nyari buku Pak Wied agak susah. Best Seller…!!!

Usia 6+

Menurut Pak Wied yang terbaik adalah Puree buah-buahan. Buah-buahan lebih mudah dicerna oleh bayi. Kebetulan, Ifa cuman dikasih puree buah-buahan saja di usia 6+. Alhamdulliah, buang air besar atau nge-pup lancar jaya. Badan tetep sehat dan nambah berat badan.

Jangan dikasih buah yang mengandung getah atau ekstrim semacam durian. Hehehe..!!! Kasih buah yang seger-seger seperti Pepaya , Jeruk, Melon, Semangka, Pir dan Apel. Kalau buah yang teksturnya keras seperti apel maka dikukus dulu kemudian dilumatkan. Kuahnya pakai ASI. Slurpp…!!!!

Usia 7+

Ifa mulai dikenalkan karbohidrat sederhana. Mudahnya yaitu Ifa mulai disuapi Labu Kuning atau Kabocha dan Havermut atau Oatmeal. Hehehehe…!!!! Maaf sebut merek. Seingat saya, minuman selingannya adalah jus jeruk. Jus Jeruk dari perasan Jeruk Baby asal Pacitan.

Kalau Ifa pas umus segini sudah kenal kaldu ayam. Kaldu ayam berasal dari air rebusan ayam kampung asli. Ayam Kampung yang baru saja disembelih di rebus dengan menggunakan panci presto. Ifa memanfaatkan air kaldunya dan kita memanfaatkan dagingnya. Enak sekali….!!!! hehehehehe

Air kaldu ini untuk membuat bubur oatmeal. Bubur oatmeal dibuat dengan kuah air kaldu. Ifa suka sekali bubur ini. But, sekali lagi tidak menggunakan garam atau gula. Semua masih rasa asli dari bahan makanan. Air kaldu dimasukkan dalam wadah kecil dan disimpan di freezer.

Usia 8+

Usia ini mulai lebih bervariatif. Jenis makanan semakin kompleks. Ifa mulai mengenal makanan lebih kompleks lagi yaitu Tepung Beras. Mama Ifa milih Gasol. Favorit mama ifa yaitu Tepung Beras Merah. Jangan lupa berikan juga ASI sepuas-puasnya. Hehehehe…!!!!!

Jangan lupa, tepung Gasol ini masih kontroversial. Ada yang bilang lebih baik kasih yang asli. Bukan olahan pabrik. Apapun, Gasol ini lebih baik daripada makanan bayi seperti : Pr*m*n*, S*n, C*r*l*c. hehehehe..!!!

Usia 9+

Usia segini sudah boleh makan protein nabati, protein hewani, sayuran dan karbohidrat kompleks. Mama ifa tinggal memadukan bahan. Paling Baik buatan sendiri. Lebih terjamin. kita bisa pakai slow cooker untuk buat bubur bayi.

Kalau yang praktis beli dari penjual bubur MPASI. Prinsipnya no salt no sugar dan non MSG. Pilih yang bener-bener asli MPASI. But, Kalau yang sudah dewasa macam kita ini. Mana Tahan…!!! Hehehehe…!!! Tidak mantap Tanpa MSG. Kebiasaan yang rusak.

Sumber :.

http://www.fitrianifirmansyah.com/2013/05/tahapan-mpasi-ini-membuat-kamila-jadi.html

http://www.bayi.web.id/panduan-mpasib.html

Advertisements

8 thoughts on “MPASI si Ifa

      1. Yang selama ini mas Riyan tulis di blog. Sesuatu yang mungkin belum saya ketahui jadi tahu. Misal : tanaman bakau di jakarta utara. saya nggak bisa nulis tentang hal itu. Tapi, saya jadi tahu. Ada yang indah di pinggir laut jakarta.

        Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s