NASI LIWET YU SANI DI SOLO

Kami serumah suka jalan-jalan keleliling kota . Malam itu, sekalian mau cari makan malam di kota Solo. Karena sudah lama tidak jalan-jalan  jadi terasa menyenangkan. Kami sengaja tidak menentukan tempat makan terlebih dahulu.  Spontan saja.

Akhirnya, kami berjalan dari arah Jl Slamet Riyadi ke selatan dari arah Nonongan dan sampai perempatan gemblegan kemudian ke timur sedikit. Disana ada warung makan khas Solo yaitu Warung Nasi Liwet Yu Sani.

Kalau mendengarkan kata “liwet” dalam bahasa jawa maka asiosiasi kita adalah Nasi atau Beras. Karena menanak nasi dalam bahasa jawa artinya “ngliwet”. Lha terus,nasi liwet itu  apa? Berarti jualan nasi putih saja dong. Hahahahaha….!!!!

yu sani 3
Telur Dadar Kukus yang warna kuning

Nasi Liwet itu nasi yang rasanya gurih mirip dengan Nasi Uduk atau Nasi Lemak. Tesktur nasi liwet lebih lembek daripada nasi uduk. Lauknya juga berkuah berbeda nasi uduk yang lauknya kering.

Nasi Liwet disiram dengan sayur sambal goreng. Sambal goreng yang diisi dengan irisan labu atau buah pepaya muda. Kemudian ditumpangi dengan areh  ( yang warna putih di gambar ) dan suwiran daging ayam. Itu Nasi Liwet yang basic.

yu sani 7
Variasi Lauk dari Nasi Liwet

Kalau mau lebih istimewa maka bisa ditambahi dengan paha, menthok, tepong atau kepala. Menthok adalah Dada ayam, Tepong adalah Paha atas ayam, Kepala itu ya kepala ayam. Masih ada lagi lauk tambahan menyenangkan yaitu Telur dadar rebus yang warnanya kuning .

Kalau mau jeroan ayam juga ada. Mulai dari Ati-Ampela, Usus sampai Uritan. Lha, uritan ini yang agak beda tapi saya sukai. Uritan itu calon telur ayam yang belum bercangkang dan tempatnya. Sego Liwet itu rasanya gurih pada umumnya. Rasa gurih bercampur pedas dari sayur dan tidak lengkap bila tidak ditambahi dengan cabai yang direbus.

yu sani 5
Pilih yang Lesehan

Lokasinya ada dua yaitu di Jalan Veteran dan Solo Baru. Kalau saya lebih suka di Jalan Veteran. Nggak apa-apa, cuman lebih dekat dengan rumah. Rasanya cukup enak menurut lidah saya tapi harga relatif lebih terjangkau. Tempatnya juga nyaman.

yu sani 1
Duduk diatas Kursi

Penyajiannya dengan pincuk diletakkan di atas piring. Pincuk itu piring dari daun pisang. Ini hanya masalah style tidak berpengaruh di rasa. Cuman, kalau pakai pincuk maka lebih irit cuci piringya. Hehehehehe…!!!! ik

Advertisements

4 thoughts on “NASI LIWET YU SANI DI SOLO

    1. hahaha, maaf pak. Kalau kami sekeluarga makan disitu taunya cuman toalnya. Saya ambil nasi liwet standar ( nasi, sayur dan suwiran ayam) plus telur dadar dan ati ampela, istri pesan nasi liwet standar plus telur dadar dan sayap ayam, anak pesan nasi liwet standar plus telur dadar, ART pesan nasi liwet standar plus telur rebus. Kami berempat totalnya habis kisaran 70 rb – 80 rb. hehehe…!!! Silahkan dihitung sendiri. hahahaha…!!!! Bukanya malam mas

      Liked by 1 person

      1. Biasanya klo malam lebih mahal ya pak.. Klo langganan sy pagi didaerah juanda kampung sewu. Berdua sama istri sekitarnya 20rb heheh

        Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s