Mie Mbah Blangkon

Warung makan yang menyajikan menu mie ada dua genre yaitu genre jawa dan cina. Kalau mie yang bergenre cina biasanya terasa lebih plain dan genre jawa terasa taste yang njawani. Rasa yang manis lebih kuat daripada asin atau gurih.

Mie Jawa sudah tersebar di pulau Jawa bahkan di luar jawa. Sajian ini adalah hasil akulturasi budaya jawa dan cina. Karena kita tahu bahwa mie berasal dari cina namun diolah dengan taste orang jawa. Ini adalah khasanah perkulineran Indonesia.

Kalau bicara kuliner maka yang saya tahu adalah Jawa, Cina dan Minang.Ketiga suku bangsa ini mempunyai tradisi kuliner yang turun menurun. Karena khasanah kuliner tiga suku bangsa ini relatif sudah menyebar di Nusantara.

Khasanah kuliner Jawa tersebar karena para pendatang jawa yang menyebar ke seluruh nusantara. Kuliner minang karena para perantauan orang minang. Mereka adalah bangsa perantau. Kuliner cina karena orang Cina telah berkelana ke seluruh penjuru dunia. Jadi, kuliner cina lebih mendunia.

Saya tidak menafikan khasanah kuliner diluar ketiga suku bangsa ini. Karena untuk ukuran solo yang masih termasuk kota kecil . Khasanah dari ketiga suku lebih mendominasi. Kuliner di luar tiga suku itu masih minoritas di solo. Paling tidak itu menurut saya. hahahaha…!!!! Semua mempunyai penggemar fanatik.

Warung mie yang saya kunjungi kemarin malam, bergenre jawa. Warung mi “Mbah Blangkon” . Lokasinya adalah di sebelah barat Underpass Makamhaji. “Mbah Blangkon” terletak 500 m dari Underpass Makamhaji di sebelah kiri jalan. Warung mie “Mbah Balngkon” mempunyai dekorasi tempat yang didominasi dengan bambu, selayaknya warung bambu.

dekorasi
Warung Bambu

Warung mie “Mbah Blangkon” hanya melayani tiga menu dasar yaitu mie goreng, mie godog (pent : rebus) dan nasi goreng. Tidak ada menu lain diluar tiga menu dasar. Kita tidak bisa pesan selain ketiga menu apalagi capjay, kulit goreng atau jeroan goreng.

Warung mie ‘Mbah Blangkon” menyediakan isian untuk ketiga menu dari berbagai bagian tubuh ayam mulai kepala, sayap, ati rempela, uritan , paha ayam, dada. Pengunjung bebas memilih isiannya. Bisa saja, pesannya sama nasi goreng tetapi isiannya berbeda. Menu dasar tanpa isian harganya RP 14.000,- dan Rp 18.000,- apabila dengan isian.

Saya dan istri mempunyai pesanan sama tetapi isian berbeda. Saya pesan nasi goreng isi uritan dan istri pesan nasi goreng isi ati rempela. Porsi juga tidak terlalu banyak. Hidangan malam dengan porsi pas, tidak terlalu sedikit namun tidak terlalu banyak. Anak saya dipesankan mie godog.

nasi goreng
Nasi Goreng
mie godog
Mie Godog

Cara masak dengan genre jawa yaitu menggunakan anglo. Anglo itu kompor yang terbuat dari tanah liat dan menggunakan arang sebagai bahan bakarnya. Kata orang dulu, Apabila memasak dengan arang maka masakan lebih mantap daripada menggunakan kompor gas atau minyak. Karena hawa panas merata dan konsisten.

memasak
Wajan diatas Anglo

Ada satu khasanah kuliner nusantara di kota solo tapi minoritas yaitu Kuliner Banjar. Kuliner yang dibawa oleh perantauan dari orang Kalimantan, khususnya berasal dari daerah sekitar Banjarmasin. Tapi, besok aja deh. Hehehehe…!!!!!

Advertisements

6 thoughts on “Mie Mbah Blangkon

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s