MEMAHAMI FILSAFAT

Filsafat UmumSaya ambil foto diatas dari sini

Judul : Filsafat Umum (Akal dan Hati Sejak Thales Sampai Chapra )
Pengarang : Prof. DR. Ahmad Tafsir
Tebal Buku : viii + 276 halaman
Cetakan ke : 19
Tahun : 2012
Penerbit : PT REMAJA ROSDAKARYA
Jl. Ibu Inggit Ganarsih No : 40 Bandung 40252

Filsafat adalah sesuatu yang sangat sulit dipelajari. Sayang, buku yang kelas berat biasanya menggunakan pendekatan filsafat. Kita ambil contoh buku MADILOG merupakan buku masterpiece dari TAN MALAKA. Saya sulit sekali memahami, hehehehe…!!!!! Otak sudah mampet atau karena tidak paham filsafat.

Bagian awal MADILOG, Tan Malaka bicara tentang Filsafat Idealisme dan Materialisme. Saya yang tidak punya pengalaman dengan filsafat nekad membaca. Hasilnya adalah kebingungan. Karena tidak memiliki dasar apapun tentang idealisme atau materialisme.

Kesimpulannya, saya harus buku pengantar filsafat dulu. Buku pengantar ini agar ada “benang merah” ketika membaca buku kelas berat. Makanya kita menganggap ada buku level “kudapan” dan level “berat”, karena kita tidak ada jembatan penghubung yaitu pemahaman filsafat.

Filsafat itu seperti senjata. Apabila digunakan untuk kebaikan maka mendatangkan kemaslahatan. Karena kita diajak berpikir mendalam sampai inti masalah. Filsafat bersifat “relatif “. Filsafat maka bisa untuk mencari-cari “alasan pembenaran” tindakan kita meski itu tidak tepat.

Nah, ada buku yang mudah dicerna dan menjembatani menuju pemahaman filsafat. Judul bukunya adalah FILSAFAT ILMU. Buku yang ditulis oleh Prof Ahmad Tafsir, seorang guru besar di UIN SUNAN GUNUNG DJATI. Buku ini lumayan lengkap.

Beliau menulis dengan bahasa yang sederhana dan ringkas. Kalimatnya pendek dan langsung ke tujuan. Beliau menulis filsafat dari perspektif sejarah. Filsafat sejak zaman Yunani yaitu Thales sampai ke filsafat post modernisme. Karena buku ini berawal dari Diktat kuliah maka cukup lengkap.

Menurut beliau, Para filosof atau pecinta kebijakan telah beradu argumen dan berdiskusi sejak lama. Perdebatan diantara mereka berkutat konflik antara idealisme/agama dan akal/materialisme.

Era Socrates, Agama atau keyakinan yang memenangkan meskipun harus dibayar mahal. Karena Socrates dihukum mati. Abad pertengahan maka agama yang menang mutlak. Kemudian lahir Descartes sebagai tokoh rasionalisme terus berkembang era post modernism . Beliau tidak lupa menyinggung perkembangan filsafat di dunia Islam.

Buku ini tidak lepas dari subyektivitas penulis. Misal, beliau menulis secara kritis tentang filsafat pragmatisme yang didirikan oleh William James yang seorang psikolog ( anak psikologi mesti tahu nih. Hehehehehe…!!!!). Filsafat yang mendasari negara Amerika Serikat. Beliau juga mengkritisi Jean Paul Satre sebagai tokoh filsafat Eksistensialisme. Jean Paul Satre yang sangat atheis, menurut beliau.

Buku yang sudah ada pendapat subyektif penulis menjadi tidak asyik. Buku itu cenderung segmented. Tapi nggak masalah lah. Kalau masih buta sama sekali filsafat buku ini recommended. Karena penulisannya sangat simpel dan mudah dipahami. Saya yang bingung dengan filsafat agak sedikit ngeh.

Kalau boleh saya sebut, buku ini adalah INTRODUCTION OF PHILOSOPHY FOR DUMMIES. Itu yang terjadi pada saya. Hehehehe…!!!! Kalau ada salah penulisan diatas dalam bahasa inggris, saya minta maaf ya. Sekian terimakasih

Advertisements

Author: zaki19482

Saya sedang belajar menulis, mencoba menulis segala sesuatu yang dapat dilihat, didengar dam dirasakan

4 thoughts on “MEMAHAMI FILSAFAT”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s