Nasi Pecel Ndeso

Kalau kita mengunjungi ke pasar tradisional seringkali menemukan sesuatu yang sentimental. Sesuatu itu bisa berupa barang, seseorang atau makanan. Lha, saya menemukan makanan sentimental dan menyehatkan yaitu Pecel Ndeso. Kalau pecel mungkin sudah biasa tapi pakai kata ndeso, jadi seperti apa? hahahaha…!!!

sajian
Sebungkus Nasi Pecel Ndeso

Nama Pecel ndeso bisa jadi itu asumsi saya sendiri. Bisa jadi di tempat lain dengan nama yang berbeda. Karena kuliner ini bertebaran di daerah pedesaan. Saya sewaktu masih kecil sering diajak nginep di rumah Simbah (kakek/nenek). Saya diajak nyari pecel ndeso di pagi hari. Kuliner nostalgia yang menyehatkan karena berisi berbagai macam sayuran.

Pecel Ndeso itu healthy breakfast. Pecel ndeso berisi Nasi merah, sayuran (bayam atau daun pepaya) yang diguyur sambal pecel wijen yang warnanya hitam pekat, jantung pisang, lalapan (ketimun, kemangi dan kecambah), parutan kelapa ditambah dengan sambal ditaburi bubuk kedelai dan tak lupa dilengkapi dengan krokot.

Lengkap ya? Hehehehe..!!! Harganya untuk porsi lengkap Cuma Rp 4000,-. Hidangan dengan isian selengkap itu dijual murah sekali. Semua manfaat tanaman atau herba ada disitu. Sumber Karbohidrat juga istimewa yaitu beras merah. Beras yang mempunyai indeks glikemik rendah sehingga cocok buat penderita diabetes mellitus.

Saya tadi menulis kata krokot. Krokot itu sejenis tanaman liar yang menjalar di kebun. Jantung pisang menambah ke-esksotis-an pecel ndeso. Maka, harga segitu sudah worthed untuk isi yang beraneka ragam dan baik kesehatan. Ini sajian istimewa di zamannya. Sekarang, banyak resto dan hotel yang mengangkat lagi jenis kuliner ini untuk bernostalgia.

Pecel Ndeso semacam ini ada di pasar tradisional sekitar solo. Anda bisa mencari penjual dengan tampilan dagangan yang khas. Anda konsumsi juga baik karena memakai beras merah minim penggunaan protein hewani jadi lebih rendah kolesterol dan asam urat.

pecel ndeso
Display penjual Pecel Ndeso

Pecel ndeso ini jika sudah masuk hotel. Saya tidak tahu harganya jadi berapa kali lipat. Kalau kita sedikit mau nyari tantangan. Kita bisa mencari jenis makanan ini ke pasar tradisional. Kalau beruntung maka bisa menemukan dengan harga murah. Selamat Berburu Kuliner di Pasar Tradisional. Hehehehe…!!!!

Advertisements

6 thoughts on “Nasi Pecel Ndeso

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s