Nasi Pecel Ndeso

Kalau kita mengunjungi ke pasar tradisional seringkali menemukan sesuatu yang sentimental. Sesuatu itu bisa berupa barang, seseorang atau makanan. Lha, saya menemukan makanan sentimental dan menyehatkan yaitu Pecel Ndeso. Kalau pecel mungkin sudah biasa tapi pakai kata ndeso, jadi seperti apa? hahahaha…!!!

sajian
Sebungkus Nasi Pecel Ndeso

Nama Pecel ndeso bisa jadi itu asumsi saya sendiri. Bisa jadi di tempat lain dengan nama yang berbeda. Karena kuliner ini bertebaran di daerah pedesaan. Saya sewaktu masih kecil sering diajak nginep di rumah Simbah (kakek/nenek). Saya diajak nyari pecel ndeso di pagi hari. Kuliner nostalgia yang menyehatkan karena berisi berbagai macam sayuran.

Pecel Ndeso itu healthy breakfast. Pecel ndeso berisi Nasi merah, sayuran (bayam atau daun pepaya) yang diguyur sambal pecel wijen yang warnanya hitam pekat, jantung pisang, lalapan (ketimun, kemangi dan kecambah), parutan kelapa ditambah dengan sambal ditaburi bubuk kedelai dan tak lupa dilengkapi dengan krokot.

Lengkap ya? Hehehehe..!!! Harganya untuk porsi lengkap Cuma Rp 4000,-. Hidangan dengan isian selengkap itu dijual murah sekali. Semua manfaat tanaman atau herba ada disitu. Sumber Karbohidrat juga istimewa yaitu beras merah. Beras yang mempunyai indeks glikemik rendah sehingga cocok buat penderita diabetes mellitus.

Saya tadi menulis kata krokot. Krokot itu sejenis tanaman liar yang menjalar di kebun. Jantung pisang menambah ke-esksotis-an pecel ndeso. Maka, harga segitu sudah worthed untuk isi yang beraneka ragam dan baik kesehatan. Ini sajian istimewa di zamannya. Sekarang, banyak resto dan hotel yang mengangkat lagi jenis kuliner ini untuk bernostalgia.

Pecel Ndeso semacam ini ada di pasar tradisional sekitar solo. Anda bisa mencari penjual dengan tampilan dagangan yang khas. Anda konsumsi juga baik karena memakai beras merah minim penggunaan protein hewani jadi lebih rendah kolesterol dan asam urat.

pecel ndeso
Display penjual Pecel Ndeso

Pecel ndeso ini jika sudah masuk hotel. Saya tidak tahu harganya jadi berapa kali lipat. Kalau kita sedikit mau nyari tantangan. Kita bisa mencari jenis makanan ini ke pasar tradisional. Kalau beruntung maka bisa menemukan dengan harga murah. Selamat Berburu Kuliner di Pasar Tradisional. Hehehehe…!!!!

6 responses to “Nasi Pecel Ndeso”

  1. mysukmana Avatar
    mysukmana

    Selamat Pagi dan Selamat Makan 🙂

    Liked by 1 person

    1. zaki19482 Avatar

      hidup kuliner solo 🙂

      Like

  2. arip Avatar

    Salad-nya Indonesia.
    Ini bakal ditaburi semacam sambel atau bumbu kacang lagi ga?

    Liked by 1 person

    1. zaki19482 Avatar

      Nggak kang,mkham sudah pake sambel pecel wijen. Bumbu kacang sudah ada di sambal pecel wijen

      Like

  3. Muhammad Syafiq Syauqi Avatar

    I love pecel,,
    salam Kota Kediri

    Liked by 1 person

    1. zaki19482 Avatar

      Salam Pecel 🙂

      Like

Leave a comment

Zaki Setiawan

Let’s connect