Kalau anda jalan-jalan sekitaran Kota Solo di malam hari. Anda merasa lapar tapi ingin makan dengan porsi ringan. But, anda ingin makan nasi bukan snek. “Soto Semarang Pak To” kayaknya cocok buat makan malam. Saya menyebut kudapan malam yang menyenangkan.

DSC05421_rev
Soto Semarang (Mangkok Kecil)

Porsi tidak berlebihan cocok untuk mengganjal perut. Soto disajikan dengan mangkok kecil. Kalau mau mengudap maka satu mangkok sudah cukup. Perut terasa lapar maka nambah satu mangkok lagi masih memungkinkan.

DSC05425_rev
Angkringan Soto

Soto “minimalis” ,kalau saya menyebutnya. Karena porsi dan lauk yang disajikan juga berukuran minimalis. Hebatnya, “Sate Sundukan” sebagai teman makan soto disediakan dengan ukuran minimalis. Kalau mau makan enak tapi nggak mau gendut kesini aja. Hahahaha…!!!!

DSC05419_rev
Sate Sundukan

Soto Semarang adalah salah satu genre dalam dunia “per-soto-an”. Soto Semarang disajikan dalam mangkok kecil dan menikmatinya dengan ditemani sate kerang. Sate yang direndam dalam air kaldu.

Beberapa orang mencampur air rendaman sate kerang dengan kuah soto. Rasanya jadi agak beda, karena aroma ikan dalam kuah soto membuat lebih eksotis. Saya sering melakukan itu juga. Rasanya jadi lebih mantap.

Kota Semarang khan di pesisir pantai. So, Soto Semarang tidak ingin kehilangan ciri pesisir, disajikan pula sate kerang. Menurut saya lho, Apabila kita makan soto semarang tanpa sate kerang kurang mantep. Karena ciri khas “semarang” jadi hilang. Jadi sulit membedakan dengan soto ayam genre solo. Hehehehe…!!!

DSC05427_rev
Tampak Depan

Lokasinya mudah dijangkau. Soto Semarang Pak To berada di sebelah barat Pengadilan Negeri Solo. Lokasi di trotoar pinggiran Pengadilan Solo. Lokasi ini memang shelter yang disediakan untuk Pedagang Kaki Lima.

4 responses to “Soto Semarang Pak To”

  1. winnymarch Avatar

    bikin laper 😀

    Liked by 1 person

    1. zaki19482 Avatar

      Musti lah, hehehehe

      Like

  2. dani Avatar

    Huaaaaa Maaaas!!! Saya kelaperaaaaan.. Ini mau sarapan eh telor gak ada 😀 Hahahaha

    Liked by 1 person

    1. zaki19482 Avatar

      Sedia telor di rumah mas Dani. Minimal 1 kg. Sukses ya mas Dani

      Like

Leave a comment

Zaki Setiawan

Let’s connect