SAVE OUR EARTH

rosok_rev

ambil dari sini

SAVE OUR EARTH adalah ungkapan yang sering kita dengar. Ini tentang penyelamatan lingkungan alam. Bumi semakin tua maka harus diselamatkan dari limbah terutama limbah plastik. Karena diurai oleh tanah dalam jangka waktu sangat lama. Beda dengan zat organik yang lebih cepat diurai tanah

Saya punya pengalaman menarik tentang ungkapan diatas. Tindakan yang sederhana namun bermanfaat. Karena manfaatnya adalah menyelamatkan bumi sekaligus ada keuntungan secara komersial.

ART (Asisten Rumah Tangga ) kami yang melakukan langkah ini. Dia dapat tambahan uang dengan mengumpulkan limbah kertas dan plastik yang ada di rumah kami

Maklum, Semenjak bisnis mainan semakin berkembang. Paket mainan sering keluar masuk di rumah. Dampaknya adalah sampah Plastik dan Kardus pembungkus semakin menumpuk di rumah.

Dia minta izin istri untuk mengumpulkan limbah tersebut untuk dijual. Istri tentu saja “OK” saja. Karena hanya memenuhi rumah saja. Sudah taraf menganggu kenyaman rumah.

Dia menunggu sampah semakin menggunung. Semua sampah plastik di rumah juga dilibas semua misal: botol aqua, botol soft drink, pembersih lantai dsb.

Akhirnya, setelah terkumpul “segunung sampah” kemudian dijual ke pengumpul sampah. Kalau di daerah kami disebut tukang rosok ( Orang yang berprofesi jual beli barang rongsokan). “Barang Dagangan” ditimbang dan dibayar oleh si tukang rosok. Harganya adalah Rp 7000,-/kg untuk segala jenis limbah baik plastik atau besi.

Pertama kali, dia bisa jualan satu kilogram limbah maka dapat 7 ribu rupiah. Dia simpan uang hasil penjualan baik-baik sembari mengumpulkan sampah yang lain. Dia bisa menjual 2 kilogram untuk tahap kedua dan disimpan baik-baik uangnya. Dan seterusnya.

Puncaknya, Sewaktu istri beli mainan agak banyak dan ukurannya gede. Dia dapat uang cukup banyak. Karena kardus pembungkus juga besar dan berat. Artinya kiloannya banyak maka rupiahnya juga lebih banyak. Hehehehehe…

Dia pernah sekali jual “rosok” mendapat uang 35 ribu. Akumulasi uang yang diterima tentu sudah banyak. Hasil penjualan limbah ini digunakan untuk membeli baju buat anak di rumah. Anaknya senang karena baju baru. dan dia senang karena tidak mengurangi gajinya.

Kebiasaan ini terus berlanjut. Limbah non biodegradable di rumah terus dilibas olehnya. Dia juga dapat tambahan penghasilan dari usaha kami plus jualan rosok.

Akumulasi tambahan uang dari segala penjuru dugunakan untuk membeli Kompor Gas dan HP baru. Kompor Gas “RINNAI” dan HP merek NOKIA telah terbeli dengan sukses. Kompor gas sudah nangkring di rumahnya sendiri. Hehehehehehe…!!!!

Sesuatu yang mungkin remeh di hadapan saya seringkali sangat bermanfaat untuk orang lain. Kita bantu orang ternyata bukan hanya dengan memberi uang. Kita beri kesempatan untuk mengembangkan kreativitas, seringkali lebih membantu.

Saya dan istri juga senang. Karena tidak perlu diiming-imingi imbalan yang besar. Dia sudah termotivasi untuk bekerja dengan baik. Dia akan berusaha lebih baik untuk dirinya dan so pasti buat kita juga. Hehehehehehe…!!!!

Sekali dayung dua tiga pulau terlampaui. Dia semakin produktif bekerja dan SAVE OUR EARTH.

Solusi  seringkali hadir dengan cara yang sangat sederhana.

hehehehehehe…!!!!

Advertisements

Author: zaki19482

Saya sedang belajar menulis, mencoba menulis segala sesuatu yang dapat dilihat, didengar dam dirasakan

2 thoughts on “SAVE OUR EARTH”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s