Catatlah…!!!!!

Dunia semakin sempit. Jaringan internet yang mendekatkan kita menjadi semakin dekat dan sempit. Dunia maya (baca: internet) berisi berbagai hal yang saya rangkum dengan sebutan yaitu Informasi. Informasi bersliweran kesana kemari. Ada yang upload dan download. Ini terjadi dari detik ke detik, menit ke menit, jam ke jam dst.

John Naisbitt sudah mengingatkan kita, Penguasa Dunia adalah Penguasa Informasi. Rupert Murdoch yang sukses menerjemahkan dan mengaplikasi. Dia menguasai informasi dengan jaringan perusahaan news corp. Informasi adalah sekumpulan data. Data adalah segala sesuatu yang dicatat atau ditulis kemudian disimpan. Apabila ada kebutuhan maka data/ informasi yang disimpan bisa dimanfaatkan

Catatlah…!!! maka kamu akan menguasai dunia. Kegiatan mencatat adalah awal dari menguasai dunia.  Lebay…!!!! Hehehehe…!!!! Tapi percaya deh, Kalau anda rajin mencatat segala sesuatu dan menyimpan maka anda menjadi sumber data. Jika yang melakukan ini adalah manusia bernaluri bisnis maka bisa jadi asset yang bernilai jutaan bahkan milyaran.

Internet membuat kegiatan mencatat semakin hebat. Mencatat itu tidak terbatas menulis aja namun juga merekam, memfoto, memvideo dan menyimpan dalam sebuah database. But, saya termasuk yang bodoh. Saya tidak suka mencatat hanya suka melihat dan mendengar. Akhinya, saya tidak punya apa-apa hanya sebatas yang saya ingat dalam otak.

Percaya atau tidak? Soe Hok Gie tidak akan terkenal dan dikenang sampai sekarang apabila tidak memiliki “catatan harian seorang demonstran”. Karena Soe Hok Gie mendokumentasikan peristiwa yang dialami maka ada warisan yang ditinggal buat generasi penerusnya. Itu membuat dia dikenang lebih abadi.

Akhirnya, Saya tuliskan qoute paling indah dari sang maestro sastra Indonesia mengenai dunia “catat-mencatat”. Quote ini yang diikuti oleh Soe Hok Gie.

“Orang boleh pandai setinggi langit,

tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah.

Menulis adalah bekerja untuk keabadian.”

( Pramoedya Ananta Toer )

2 responses to “Catatlah…!!!!!”

  1. jampang Avatar

    makanya saya nulis di blog 😀

    Liked by 1 person

    1. zaki19482 Avatar

      Mantap bang :). Itu yang kumaksud. Tapi sulit juga buat saya

      Like

Leave a comment

Zaki Setiawan

Let’s connect