Tulusnya Semar

semarSumber : sini

Kalau tokoh wayang yang satu ini asli Indonesia. Kita nggak akan menemukan tokoh ini di cerita pewayangan gagrak India. Tokoh ini asli ciptaan pujanggan Jawa. Dia adalah Semar. Semar sang pamomong. Tentu saja nama Semar tidak ditemukan dalam naskah asli kedua wiracitra tersebut yang berbahasa Sanskerta.

Pamomong artinya orang yang bertugas sebagai pamong atau pengasuh.  Pamomong ini selalu mendengar segala keluh kesah yang tuannya dan menghibur jika sang tuannya sedang bersedih. Sang Pamomong inhi selalu menemani kemana saang tuan pergi.

Semar itu sang  pamomong bagi Pandawa. Nama lengkapnya Kyai Lurah Semar Badranaya. Semar memiliki anak yang sebenarnya hanya anak angkat yaitu Semar, Gareng, Petruk dan Bagong. Panakawan inilah selalu menyertai pandawa dalam suka dan duka. Semar adalah sahabat setia bagi Pandawa.

Sang pamomong harus bisa menghibur sekaligus menasihati tuannya. Dia memberi masukan tentang pelajaran hidup dan kebajikan. Maka sungguh tidak mengherankan jika Sunan Kalijaga menggunakan tokoh Semar dalam pementasan wayang dan dakwahnya.

Apabila Semar adalah di sisi kanan Pandawa maka Kresna berada di sisi kiri Pandawa. Kresna dan Semar adalah dua orang penting di lingkaran Pandawa. Kresna yang lebih rasional dan tegas sedangkan Semar lebih humanis dan menentramkan.

Hidup Pandawa sudah lengkap karena ada dua penasehat di sisi kanan dan kiri. Kurawa memang memiliki banyak penasehat mulai Resi Bisma, Resi Durna dan Sengkuni tetap rasanya tidak sesempurna dua penasehat Pandawa. Karena penasehat Kurawa ada yang tidak tulus terutama yaitu Sengkuni.

Maka, ukurannya adalah ketulusan. Adakah kita memiliki saudara, teman dan sahabat yang tulus untuk menemani kita? Setulus Semar terhadap Pandawa yang tanpa pamrih.

 

 

 

Advertisements

Author: zaki19482

Saya sedang belajar menulis, mencoba menulis segala sesuatu yang dapat dilihat, didengar dam dirasakan

3 thoughts on “Tulusnya Semar”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s