Napak Tilas

Keluarga kecil kami liburan di musim liburan akhir tahun 2017. Kami liburan ke kampus istri di UI Depok. Karena istri dan kakak ipar adalah alumni dari sana. Istri saya yang menginginkan perjalanan napak tilas ke UI Depok. Katanya ingin menunjukkan ke anak-anak dimana mamanya dulu kuliah.

Mama Ifa dan Pakde Aji memang unik. Jika kami yang orang daerah menuju ibukota untuk mengadu nasib atau studi / kuliah maka tidak pulang sampai berkeluarga dan beranak pinak. Jika usia sudah tua dan pensiun baru pulang ke daerah asal.

Kata orang, “ Sejauh Burung Terbang Maka Tetap Akan Pulang ke Sarangnya”. Buat istri saya belum jauh terbang udah pulang ke sarang. Pakde Aji juga begitu setelah kerja di sebuah Bank ditempatkan di Kota kelahiran dan akhirnya menetap dan berbisnis di kota kelahiran pula.

Perjalanan ini menjadi terasa lebih emosional buat istri saya. Dia telah meninggalkan Jakarta beberapa tahun yang lalu. Katanya, Jakarta itu dinamis dan penuh tantangan. Sungguh sangat menantang hidup di gemerlap Jakarta. Bahkan, kawannya dari pulau seberang yang sudah mengenal Jakarta tidak mau pulang. Karena sudah nyaman hidup di Jakarta. Tiba-tiba, Dia harus pulang menjalani kehidupan rumah tangga di kota kecil yang sepi dan tenang.

Napak Tilas itu berasal dari kata “Napak” dan “Tilas”. Napak itu arti menapaki atau melintasi sebuah daerah atau wilayah. Tilas itu artinya bekas dipakai atau dulu pernah ditempati atau dilintasi. Kami (Saya, Istri, Ifa dan Zufar) menapaktilasi wilayah yang ditinggali atau dilewati sang mama ketika kuliah. Mulai wilayah Jakarta sampai berakhir di Depok.

Ketika melintasi stasiun UI maka terasa lebih emosional. Mama ifa mulai membandingkan kondisi dulu dengan sekarang. Kata mama ifa sudah banyak perubahan. Perpustakaan UI yang paling berubah. Perpustakaan UI adalah spot yang paling Instagramable ( Maaf, kalau salah penulisan..).

Aku pun cuman manggut-manggut. Hehehehehe… Saya adalah putra daerah asli. Saya sejak dari balita sampai punya dua anak tidak pernah berpindah dari kota kecilku. Mama Ifa sibuk menanyakan ke pakde Aji tentang perubahan kampus UI Depok. Karena pakde Aji lebih sering wira-wiri ke kampus UI Depok.

Kita melintasi berbagai fakultas. FKUI ternyata sudah ada di Depok. Saya kira FKUI hanya di Salemba. Pembangunan Kampus UI masih terus berlangsung. Kampus UI dilengkapi dengan RS Pendidikan. FEBUI terlihat lebih modern dan segar.

Pakde Aji menyempatkan diri berfoto dengan keluarga kecilnya di FEBUI. Maklum, Pakde Aji adalah alumni FEBUI program studi Manajemen. Foto adalah gambar sejuta makna. Agar menjadi prasasti bahwa ayahmu pernah kuliah di kampus terbaik di Indonesia. Kamu harus lebih baik dari bapakmu. Begitu sekiranya makna foto pakde aji sekeluarga buat buah hatinya.

Kami juga berfoto di depan kampus FASILKOM UI. Mama Ifa itu alumni S1 dan S2 di FASILKOM UI. Kami berfoto dalam formasi lengkap. Suatu saat, Ifa dan Zufar akan melihat oto itu. Ifa juga akan mengeti bahwa pernah ke kampus UI. Kamu berdua semoga lebih baik dari ibumu.

Tidak lupa, Kami napak tilas ke Masjid UI Depok. Masjid UI tampak teduh dan asri di siang har jam 13.30 WIB. Masjid yang terletak di tepi danau UI. Tampak di seberang danau yaitu Balairung UI dan Rektorat UI. Hawa panas yang menyengat berubah segar menyenangkan. Karena hembusan angin dari danau menuju masjid. Elemen air memang menenangkan dan menentramkan.

Napak Tilas itu menyenangkan dan bermanfaat. Napak tilas ini memberi energi positif buat mama ifa. Manusia kadang harus menengok ke belakang. Ketika melihat di depan terasa sangat sulit dan berat dilalui. Kita harus menengok ke belakang. Karena kita telah mengalami sesuatu yang lebih berat dan lebih payah di masa lalu. Kita tengok ke depan lagi. Ah… Itu tidak seberat masa laluku. Maka kita akan melangkah ke depan dengan gagah berani.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s