Humanisme

Old Shatterhand melanjutkan petualangan hingga tanah Mexico. Old Shatterhand yang mempunyai nama asli yaitu Charley sudah sangat terkenal di Amerika Serikat mulai dari barat sampai timur. Charley setelah mengalami petualangan bersama Winnetou harus berpisah jua.

Winnetou mengejar Santer yang telah membunuh ayahnya. Old Shatterhand harus kembali ke perusahaan yang memperkerjakan sebagai surveyor.  Surveyor berganti pekerjaan sebagai detektif. Dia memperoleh pekerjaan untuk mencari anak yang hilang yaitu William Olhert.

Perburuan ini membuatnya bertemu dengan Old Death. Mereka berkelana sampai wilayah Mexico dan kembali ke wilayah Amerika Serikat. Old Death akhirnya meninggal setelah mati tertembak. Tak lama kemudian, Old Shatterhand bertemu Old Firehand.

Petualang menyenangkan di dunia WILD WILD WEST. Dunia yang memperbolehkan saling membunuh. Karena memang saat itu bisa dikatakan belum ada pemerintahan yang syah. Paling tidak menurut masyarakat eropa. Suku-suku Indian meski kuat tapi tidak mampu membendung arus bangsa eropa ke amerika.

Old Shatterhand meskipun kuat tapi tidak mudah membunuh bahkan diusahakan tidak membunuh. Itulah pesan dari novel ini yaitu HUMANISME.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s