KARAKTER


Pikiran Membentuk Tindakan

Tindakan Membentuk Kebiasaan

Kebiasaan Membentuk Perilaku

Perilaku membentuk Karakter

Karakter adalah watak, sifat atau tabiat asli dari manusia itu sendiri. Setiap manusia memiliki watak yang berbeda-beda. Ada kemungkinan sama namun tidak yang sama persis. Setiap manusia mempunyai karakter yang asli dan unik.

Kita mengasumsikan bahwa manusia dua potensi karakter. Karakter yang baik dan buruk ada di dalam seorang manusia . Manusia tidak ada luput dari kesalahan. Sebaliknya, Tidak ada manusia selalu melakukan hal yang baik dan benar.  

Hanya Nabi Muhammad SAW yang tidak pernah melakukan dosa (ma’sum). Itu keyakinan kami sebagai seorang muslim. Seorang santo adalah orang yang suci itu keyakinan bagi umat Katolik. Mereka adalah sosok idealis manusia. Sosok yang menjadi visi kehidupan manusia. Sosok idealis tidak akan bisa dicapai tetapi kita akan selalu menuju kesana.

Karakter tidak bisa dirubah tapi bisa dikendalikan melalui pengendalian diri dari dalam atau dari luar. Pengendalian diri dari dalam artinya seorang individu berusaha berperilaku / berakhlaq yang baik. Manusia juga mengatur pengaruh dari luar sehingga tidak berpengaruh negatif ke dalam dirinya. Ini yang disebut Pengendalian diri dari luar.



2 thoughts on “KARAKTER

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s